Tumbuh Gigi bisa menyebabkan deman pada anak

tipsbumil.com – Pada umumnya gigi anak untuk pertama kalinya akan tumbuh pada usia 4 sampai dengan 6 bulan. Gigi pertama yang tumbuh adalah dua gigi seri pada gusi bagian bawah. Diawali dari 2 gigi seri tersebut, gigi pada anak akan tumbuh terus menerus sampai dengan usia anak 2 sampai 3 tahun.

Saat anak sedang mengalami pertumbuhan gigi, anak akan mengalami peningkatan suhu tubuh beberapa saat dilansir dari “American Academy of Pediatrics” (AAP).

Ciri – ciri Anak saat tumbuh Gigi

Agar tidak bingung saat anak demam apakah anak bunda sedang tumbuh gigi atau disebabkan faktor lainya berikut adalah ciri – ciri anak saat sedang tumbuh gigi.

Nafsu Makan Berkurang

Saat mulai tumbuh gigi anak akan mengalami penurunan nafsu makan yang disebabkan radang pada gusi, bahkan beberapa anak sampai tidak mau makan dan minum.

Banyak mengeluarkan air liur

Terjadinya peningkatan gerak otot pada mulut anak saat tumbuh gigi sehingga membuat kelenjar lundah bekerja lebih aktif mengakibatkan bertambah banyaknya air liur yang dihasilkan.

Ruam disekitar mulut

Terlalu banyaknya air liur menyebabkan mulut anak menjadi lembab, hal tersebut yang menyebabkan mulut anak menjadi ruam.

Gusi bengkak

Umumnya gusi anak saat tumbuh gigi akan memerah seperti memar dan bengkak.

Gusi Gatal

Saat tumbuh gigi gusi akan terasa gatal, respon dari hal tersebut anak akan mengigit segala sesuatu yang dapat dijangkaunya.

Rewel

Anak akan rewel lebih dari biasanya teritama pada malam hari, karena pada malam hari proses pertumbuhan gigi anak pada malam hari sedang meningkat.

Demam

Saat tumbuh gigi anak akan mengalami deman 37,2 – 38 derajat Celsius. Jika demam lebih dari 38 derajat Celsius ada kemungkinan demam disebabkan faktor lain. Segera cek ke dokter anak jika anak mengalami demam diatas 38 derajat Celsius.

Demam saat tumbuh gigi biasanya akan menurun kurang dari 24 jam, maksimal 2 hari. Jika lebih dari itu segera periksa ke dokter anak.

Cara menenangkan anak saat tumbuh gigi

  • Perbanyak pemberian asi untuk mencukupi kebutuhan cairan saat anak demam.
  • Berikan Teether dingin untuk mengurangi rasa gatal pada gusi anak.
  • Gosok secara perlahan untuk membuat gusi anak terasa nyaman.
  • Berikan obat penurun panas untuk membantu menurunkan suhu saat anak demam.

Dengan mengenali ciri – ciri anak sedang tumbuh gigi bunda tidak perlu kawatir, sehingga bunda dapat merespon dengan tepat saat anak bunda sedang dalam masa pertumbuhan gigi.