Ingin Luka Bekas Operasi Caesar Cepat Kering ? Berikut Tipsnya !

Category : Ibu Hamil

Bagi ibu yang baru saja melahirkan dengan cara caesar, memang harus membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Tapi tidak hanya caesar saja, akan tetapi melahirkan secara normal pun juga sama saja harus membutuhkan kesabaran sampai tubuh benar-benar kembali normal. Perawatan pasca caesar memang membutuhkan ekstra hati-hati, jika tidak maka luka bekas caesar sulit kering dan akan mempengaruhi aktivitas kehidupan sehari-hari.

Luka Ceasar/copyright unsplash.com/@ashtonmullins

Mungkin bagi ibu pasca melahirkan secara caesar bertanya-tanya, bagaimana cara khusus merawat bekas luka caesar agar cepat kering dan tidak menimbulkan dampak yang tidak bagus bagi tubuh. Yuk simak tipsnya berikut ini :

  1. Tips yang pertama yang mudah dilakukan oleh para ibu pasca melahirkan caesar adalah istirahat yang cukup dan jangan terlalu banyak bergerak. Karena setelah proses persalinan, tubuh banyak mengeluarkan darah maka dari itu perlu isitrahat yang cukup dan tenang.
  2. Pasca melahirkan secara caesar, ibu harus meminta bantuan kepada suami atau keluarga untuk menyiapkan berbagai kebutuhan bayi karena ibu pasca caesar belum mampu untuk melakukan aktivitas yang maksimal.
  3. Ketika hendak bersin, batuk atau tertawa, tahan sedikit perut yang berdekatan dengan bekas luka caesar dan gunakan postur tubuh yang baik saat berdiri atau berjalan.
  4. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik dan memperbanyak konsumsi serat serta cairan dapat mencegah sembelit setelah persalinan, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  5. Yang perlu diperhatikan adalah ketika mandi, jaga kebersihan luka caesar dengan cara membasuh menggunakan air dan sedikit sabun dan gosok dengan lembut. Setelah selesai keringkan dengan menggunakan handuk bersih dengan hanya menempelkan pelan-pelan.
  6. Agar otot-otot kembali kuat, ibu pasca operasi caesar berusaha untuk berlatih berjalan pelan-pelan setiap hari, ini membantu otot-otot yang lemah pasca melahirkan akan menjadi kuat seperti sedia kala.
  7. Untuk membantu mengurangi rasa sakit, kompres luka caesar dengan air hangat, hal ini juga dapat membantu menenangkan ketegangan.
  8. Rutin minum obat dari resep dokter juga membantu anda untuk mempercepat pemulihan bekas luka caesar
  9. Menggunakan pakaian yang longgar membantu mempercepat luka casear kering, karena sirkulasi udara lancar dan tidak lembab.
  10. Kenali gejala infeksi pada luka ceasar sehingga saat infeksi terjadi dapat melakukan pertolongan pertama.

Demikian tips merawat bekas luka caesar agar cepat kering, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami pasca operasi caesar.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan