Cara mengatasi mual saat hamil (morning sickness)

Cara mengatasi mual saat hamil (morning sickness)

tipsbumil.com – Banyak cara untuk mengatasi mual saat hamil (morning sickness) berikut beberapa cara yang telah kami rangkung.

Mengatasi morning sickness untuk ibu hamil

Minum wedang jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi minuman hangat dengan tambahan gula merah atau aren agar lebih nikmat.

Namun, konsultasikan ke dokter sebelum menjadikannya obat mual alami. Pasalnya, meski bahan alami, jahe bisa saja memiliki efek buruk pada sebagian ibu hamil.

Menghirup aromaterapi

Aromaterapi menjadi salah satu cara untuk bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Anda bisa mencoba berbagai minyak esensial untuk membantu mengatasi mual saat hamil.

Minyak lemon, minyak lavender, minyak peppermint, minyak spearmint, dan minyak biji adas menjadi pilihan minyak yang bisa Anda jadikan aromaterapi. Anda bisa memasukkannya ke dalam diffuser agar bisa menghirup uapnya sebagai aromaterapi.

Jika tidak memiliki diffuser, Anda bisa melarutkan minyak esensial dalam sebaskom air hangat. Kemudian, hirup uapnya secara perlahan. Selain dihirup, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial ke perut untuk membantu meredakan mual.

Cukup istirahat

Seperti yang telah disebutkan, kelelahan menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab mual saat hamil. Oleh karena itu, tidak berkegiatan berlebihan di luar kapasitas menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Usahakan untuk rileks dan banyak beristirahat saat hamil. Jangan terlalu lelah dan memaksakan diri untuk terus beraktivitas. Bisa-bisa Anda mengalami mual yang cukup parah jika memaksakan diri untuk terus beraktivitas.

Makan dalam porsi kecil tapi sering

Saat hamil tubuh butuh asupan makanan lebih dari biasanya. Pasalnya, nutrisi yang masuk ke tubuh terbagi dua, yaitu untuk Anda dan bayi yang ada dalam kandungan.

Namun, bukan berarti dalam sekali makan Anda harus makan dalam porsi besar. Cara ini justru keliru karena makan berlebihan dalam satu waktu sehingga terlalu kenyang justru menjadi penyebab mual saat hamil.

Cara yang benar, yaitu makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Dengan begitu, perut akan terus terisi dengan makanan tanpa terlalu kenyang hingga memicu mual.

Selain porsinya, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya makanlah makanan sehat yang kaya protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari sayur serta buah yang bervariasi.

Memang tak mudah untuk makan saat mual tetapi paksakan diri Anda agar nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi. Dengan begitu, bayi tak akan kekurangan nutrisi untuk bisa berkembang dengan maksimal.

Bangun dari kasur pelan-pelan

Gerakan mendadak saat bangun tidur bisa memicu mual. Oleh karena itu, usahakan untuk menggerakkan badan perlahan dan tak perlu terburu-buru. Selain mual, Anda juga bisa merasa keliyengan atau pusing.

Untuk itu, coba bangun pelan-pelan dari kasur sambil duduk terlebih dahulu. Kemudian setelah dirasa stabil, barulah Anda beranjak dari kasur dan berdiri.

Menghindari pemicu mual

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu penyebab rasa mual saat hamil yaitu sensitivitas tubuh yang lebih dari biasanya. Indra penciuman dan sistem pencernaanlah yang biasanya menjadi jauh lebih sensitif.

Untuk itu, solusi yang bisa Anda lakukan yaitu menghindari berbagai pemicu mual misalnya aroma atau makanan tertentu. Jangan makan makanan pedas jika setelahnya Anda selalu merasa mual atau ganti pewangi mobil Anda dengan yang tidak membuat enek.

Sering makan camilan

Sering makan camilan saat hamil membantu menghindari perut yang terlalu kenyang atau terlalu kosong. Pasalnya keduanya biasanya kerap menjadi penyebab munculnya perasaan mual saat hamil.

Oleh karena itu, makan camilan menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang patut dicoba. Saat bangun tidur, coba makan beberapa potong biskuit atau roti untuk menggganjal perut sebelum makan besar.

Memakai pakaian yang longgar

Saat hamil, penting untuk memakai pakaian yang longgar. Pakaian yang terlalu ketat membuat tekanan berlebih pada perut Anda yang bisa memicu rasa mual. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan terusan longgar dan menghindari celana jeans yang ketat.

Sering menghirup udara segar

Bukalah jendela kamar sering-sering terutama di pagi hari. Kemudian, tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan. Ulangi cara ini setiap hali Anda ingin muntah.

Selain itu, jika Anda terlalu sering berdiam diri di dalam rumah, coba sekali-kali berjalan ke taman di sekitar Anda. Selain membuat mual menyingkir, olahraga ringan dengan berjalan kaki juga baik untuk kesehatan Anda.

Minum banyak air

Minum banyak air menjadi salah satu hal yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, mual dan muntah saat hamil menghilangkan banyak cairan tubuh. Oleh karena itu, cairan yang hilang ini perlu digantikan.

Tak hanya air putih, Anda bisa mengonsumsi jus buah, air kelapa, teh, atau sup. Air lemon juga bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain menggantikan cairan yang hilang, aroma dan rasanya yang segar bisa membantu menghilangkan mual.

Mengalihkan perhatian

Rasa mual yang muncul saat hamil memang wajar. Pasalnya memang ada berbagai penyebab mual saat hamil yang tak bisa dihindari.

Namun, jangan sampai Anda berfokus pada perasaan ini terus-menerus. Justru Anda perlu mengalihkan perhatian Anda pada berbagai hal lain yang menyenangkan.

Anda juga bisa mengalihkan perhatian dengan cara mencari kesibukan yang disukai. Misalnya saja pergi bersama teman atau mendatangi seminar-seminar parenting. Dengan menyibukkan diri, Anda tak akan lagi berfokus pada rasa mual yang kerap datang dan menyerang.

Demikian tips Cara mengatasi mual saat hamil (morning sickness) semoga bermanfaat untuk ayah bunda semua.

Sumber : Hellosehat.com