3 Tips Sahur Bagi Ibu Hamil Agar Kuat dan Sehat Selama Berpuasa

Category : Ibu Hamil

Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi Muslim dan Muslimah di seluruh penjuru dunia. Puasa adalah menahan untuk tidak makan dan minum dari waktu Shubuh sampai dengan waktu Maghrib. Bagi orang yang kondisinya sehat mungkin tidak jadi masalah. Lalu bagaimana jika kondisi seperti ibu hamil?
Bagi ibu hamil tidak perlu khawatir jika ingin menjalankan ibadah puasa ramadan. Akan tetapi ibu hamil harus mempertimbangkan asupan nutrisi serta kesehatannya saat selama berpuasa.

Perlu kita ketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan kalori kurang lebih 2500 kkl setiap harinya yaitu yang terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein dan selebihnya adalah lemak baik yang bersumber dari lemak nabatimaupun hewani. Ini berarti bahwa ada perbedaan jumlah kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil dengan orang biasa atau orang yang tidak hamil.Nah bagaimana jika ibu hamil menginginkan untuk berpuasa? Nah berikut ini adalah tips sahur bagi ibu hamil agar lancar berpuasa di bulan ramadan.

  1. Pada saat menjelang sahur, ibu hamil memastikan bahwa asupan nutrisi untuk sepanjang hari terpenuhi dengan maksimal. Protein, karbohidrat, serat dan lemak yang dapat dijumpai di sayuran dan buah-buahan. Pastikan kebutuhan ini dapat tercukupi. Ibu hamil tidak perlu khawatir jika gizi dalam tubuh seimbang selama berpuasa meskipun sedang hamil.
  2. Konsumsi makanan yang rendah kadar gulanya agar dapat meningkatkan insulin sehingga ibu hamil lebih cepat lapar. Hindari minuman yang mengandung gula tinggi karena dapat menyebabkan rasa haus.
  3. Beda dengan orang tidak hamil, untuk ibu hamil setidaknya membutuhkan air kurang lebih 1.8 sampai dengan 2 liter setiap harinya agar ibu hamil terpenuhi kebutuhan cairannya serta agar tidak terjadi dehidrasi selama berpuasa. Agar tenggorokan tidak kering, sebaiknya akhiri sahur dengan minum hangat.

Demikian 3 tips sahur sehat untuk ibu hamil selama menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah puasanya lancar ya..

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan