Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin - tipsbumil

tipsbumil.com – Asupan makanan seperti buah dan sayur yang tepat penting bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, nutrisi anak telah terpenuhi sejak dalam kandungan. Salah satunya adalah buah semangka yang kaya manfaat.

Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, bisa mengakibatkan bermacam-macam kendala seperti rasa mual dan muntah-muntah. Akibat rasa mual yang tak jarang disertai muntah-muntah, hal ini membuat wanita hamil berisiko dehidrasi.

Dehidrasi saat kehamilan tentu bisa berdampak buruk pada janin. Nah, ada satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka. Bicara soal buah semangka adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Banyak sekali manfaat buah berdaging merah dan kaya kandungan air ini untuk ibu hamil.

Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil karena bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan.

Lalu, kandungan mineralnya dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga. Berikut tipsbumil.com rangkum manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang harus kamu ketahui:

Redakan asam lambung dan meredakan morning sickness

Meredakan asam lambung

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah meredakan asam lambung. Selama kehamilan, wanita biasanya menderita masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

Buah semangka juga memiliki efek menenangkan pada perut ibu hamil. Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin.

Meredakan morning sickness

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kedua adalah meredakan morning sickness. Kamu bisa minum jus semangka segar di pagi hari untuk meredakan morning sickness. Buah semangka baik untuk mendukung pembentukan tulang pada janin serta melancarkan aliran urine dalam tubuh.

Ibu hamil cenderung susah buang air kecil nah mengonsumsi semangka adalah salah satu cara untuk mengatasinya.

Mengurangi pembengkakan aliran darah dan mencegah pigmentasi kulit

Mengurangi pembengkakan aliran darah

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang ketiga adalah mengurangi pembengkakan aliran darah. Selama kehamilan, wanita sering mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan. Semangka kaya akan kandungan air dan dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan airnya membantu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot.

Mencegah pigmentasi kulit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang keempat adalah mencegah pigmentasi kulit. Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun.

Buah ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

Cegah dehidrasi, melawan sembelit dan kekebalan tubuh

Mencegah dehidrasi

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang kelima adalah mencegah dehidrasi. Tetap terhidrasi selama kehamilan sangat penting karena dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi awal rahim dan kelahiran prematur.

Kamu bisa makan semangka untuk memasok lebih banyak cairan ke tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi kamu.

Melawan sembelit

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang keenam adalah melawan sembelit. Sembelit adalah masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil. kamu dapat menyantap semangka untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem kamu.

Kekebalan tubuh

Manfaat buah ini untuk ibu hamil yang ketujuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil

Meski diklaim memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Akan tetapi semangka tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlau banyak. Sebab pada dasarnya segala sesuatu yang terlalu banyak akan berpengaruh tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi semangka akan dapat menimbulkan masalah seperti sakit lambung atau bahkan diabetes gestasional. Untuk itu, konsumsi secukupnya dan sepantasnya.

Tips Memilih dan Menyajikan Buah Semangka

Agar memperoleh manfaat buah semangka untuk ibu hamil secara maksimal, pemilihan buah semangka harus diperhatikan. Pilihlah buah semangka yang kuat, simetris, bebas dari retakan dan memar. Semangka yang matang akan memiliki kulit yang mengkilap, bagian bawah berwarna kuning mentega, serta memiliki batang yang sudah mengering.

Anda tidak disarankan memilih semangka yang terlalu keras dan berwarna putih atau hijau pucat. Semangka dengan ciri-ciri seperti ini kemungkinan belum matang dan rasanya asam.

Buah semangka bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan salad. Mengingat kandungan citrulline banyak terdapat pada kulit putih yang mengelilingi daging semangka, Anda juga disarankan memakan bagian ini.

Manfaat buah semangka memang baik untuk ibu hamil, namun buah ini hanya mengandung sedikit serat. Agar asupan serat dan nutrisi yang lain tetap terpenuhi, cukupi juga kebutuhan sayur dan buah selama kehamilan.