Normalkah Badan Pegal-pegal saat Hamil Muda

Normalkah Badan Pegal-pegal saat Hamil Muda - tipsbumil

tipsbumil.com – Pegal-pegal saat hamil merupakan keluhan yang umum terjadi dan dialami oleh banyak wanita. Rasa pegal ini dapat dirasakan di salah satu bagian tubuh atau bahkan dapat bersifat menyeluruh. Beberapa cara berikut dapat membantu mengatasi pegal-pegal selama kehamilan.

Pegal saat hamil terjadi karena ligamen atau jaringan penyokong dalam tubuh meregang secara alami untuk menunjang perkembangan kandungan dan memudahkan proses persalinan.

Selain itu, ada pula faktor lain yang dapat menyebabkan pegal selama hamil, seperti perubahan hormon, pertambahan berat badan, pertumbuhan bayi dalam kandungan, dan stres. Pegal-pegal selama hamil juga bisa menimpa Bumil saat mengalami flu saat hamil.

Bagian tubuh yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

Badan pegal saat hamil muda #1: Punggung Pegal

Nyeri punggung selama kehamilan adalah keluhan yang umum. Berat badan anda bertambah, pusat grafitasi anda juga beubah, hal ini akanmembuat bumil lebih mudah merasa pegal.

Badan pegal saat hamil muda #2: Kaki pegal

Rahim yang terus membesar saat hamil dapat menciptakan tekanan berlebih pada punggung dan kaki bumil, membuat mereka mudah lelah. Selama kehamilan tambahan hormon progesteron juga dapat mempengaruhi tonus otot di kaki.

Badan pegal saat hamil muda #3: Pinggang pegal

Saat rahim Anda membesar, hal itu akan menggeser pusat gravitasi Anda dan meregangkan (dan melemahkan) otot-otot perut Anda, memengaruhi postur Anda dan membuat ketegangan pada punggung hingga ke pinggang Anda. Perubahan postur ini juga dapat menekan saraf yang menyebabkan punggung bagian bawah Anda mungkin terasa terasa lebih sakit.

Pada saat yang sama, perubahan hormon dalam kehamilan dapat melonggarkan sendi Anda dan dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling di tempat tidur, membungkuk, atau mengangkat barang-barang.

Badan pegal saat hamil muda #4: Kram dan Bengkak Pada Tangan

Rasa kram dan kesemutan pada tangan saat hamil disebut juga carpal tunnel syndrome. Gejala yang dirasakan antara lain seperti mati rasa, kesemutan, nyeri pada jari, telapak tangan dan pergelangan tangan. Sensasinya datang dan pergi serta bertambah parah saat malam hari.

Kadang-kadang, gejalanya terasa sampai di lengan. Pada kasus yang parah atau kronis, tangan Anda akan terasa lemas dan sulit digerakkan.

Tangan Anda juga ikut membengkak saat hamil. Pembengkakan pada tangan saat hamil menyebabkan jari-jari menjadi gemuk, alhasil membuat cincin, gelang dan arloji tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Badan pegal saat hamil muda #5: Nyeri Perut

Adalah normal mengalami nyeri perut selama hamil, alhasil membuat Anda jadi tidak nyaman. Meski begitu, kondisi ini juga bisa pertanda lainnya seperti komplikasi kehamilan serius.

Dikatakan normal bila tidak disertai demam, menggigil, mual, muntah, sakit kepala berat, penglihatan tidak jelas, perdarahan, kram perut yang kuat, sakit saat buang air kecil, sulit buang air kecil, atau ada darah pada urine. Sebab ini bisa merupakan gejala awal komplikasi kehamilan.

Badan pegal saat hamil muda #6: Nyeri Panggul

Terjadi akibat perubahan fisik dan pergeseran tulang serta sendi akibat kondisi hamil. Efek dari perubahan ini membuat bagian di sekitar perut, termasuk panggul mengalami nyeri. Namun, nyeri panggul saat hamil juga menjadi salah satu gejala terjadinya berbagai gangguan kehamilan lain yang lebih serius.

Nyeri panggul yang tidak normal biasanya membuat ibu hamil tidak mampu bergerak dan berjalan, mengalami perdarahan tidak normal dan sakit kepala. Gejala tersebut bisa menimbulkan berbagai gangguan kehamilan seperti kelahiran prematur bahkan keguguran.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil

Berikut ini adalah tips yang bisa Bumil lakukan untuk mengatasi pegal-pegal dan nyeri selama hamil:

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #1: Mandi air hangat

Cara pertama yang bisa Bumil lakukan untuk mengatasi pegal-pegal selama hamil adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat diketahui dapat mengurangi rasa pegal di tubuh selama masa kehamilan. Selain mengurangi rasa pegal, mandi air hangat saat hamil juga bisa memperlancar peredaran darah dan membuatmu lebih rileks. Untuk menambah rasa rileks, Bumil bisa menambahkan garam Epsom atau minyak esensial di air hangat saat mandi.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #2: Pijat kehamilan

Pijat kehamilan dapat membantu mengurangi rasa pegal yang Bumil rasakan selama hamil. Tak hanya itu, pijat kehamilan juga bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, mengurangi nyeri sendi, dan mencegah stres. Bumil bisa meminta bantuan suami untuk memijat tubuh yang terasa pegal.

Meski begitu, jangan sembarangan dalam melakukannya ya, Bumil. Apalagi dalam trimester awal kehamilan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan mengenai keamanannya.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #3: Gunakan penyangga perut khusus ibu hamil

Penggunaan penyangga perut khusus ibu hamil dapat menahan beban yang berpusat di perut ibu hamil, mulai dari punggung dan area bawah panggul. Penyangga perut tersebut akan mengurangi beban dari perut yang semakin besar, sehingga dapat mengurangi pegal yang dirasakan.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #4: Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan dapat membantu mengurangi pegal-pegal saat hamil. Olahraga akan memperkuat otot perut untuk mengurangi rasa pegal.

Bumil bisa melakukan beberapa olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga. Jika Bumil terlalu lelah untuk berolahraga, maka jangan memaksakan diri.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #5: Tidur dengan posisi menyamping

Mengurangi pegal-pegal selama hamil bisa dilakukan dengan mengatur posisi tidur. Disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping (sleep on side/ SOS).

Bumil bisa menaruh bantal penyangga di antara kaki, di bawah perut, atau di belakang punggung. Posisi tidur telentang sebaiknya dihindari, karena cenderung membuat rasa pegal bertambah parah.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil #6: Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol, dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pegal. Obat ini akan menghambat produksi prostaglandin di tubuh, sehingga rasa pegal berkurang. Paracetamol tergolong aman dikonsumsi selama hamil, namun konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Kesimpulan

Cara-cara di atas dapat membantu mengatasi rasa pegal yang dirasakan oleh ibu hamil. Jika rasa pegal tak hilang setelah melakukan tips di atas, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Terlebih jika rasa pegal yang muncul disertai dengan gejala lain, seperti ruam dan demam.